Selasa, 09 Juli 2013

5 Tips Menulis Yg Baik

Hay readers blogku! (atau Sobat NE), aku akan kasih 5 Tips Menulis Yg Baik. Ini buatanku sendiri lho ya! Sesuai pemikiranku. Hehehe ...

1. Jika Novel, buatlah Perkenalan Tokohnya
Supaya enggak ribet dan lebih baik, jika naskah kita novel, kita bisa membuat perkenalan tokohnya beserta watak. Jadi, pembaca pun tau wataknya. Sehingga yang diceritakan di dalampun jelas. Misalnya, di perkenalan tokoh, si A itu suka meribut. Di dalam novel, diceritakan pula kalau A itu memang suka meribut. Kalau begitu kan semuanya jelas. Jadi sebaiknya untuk novel memakai perkenalan tokoh ya :)

2. Watak Masing-Masing Tokoh Berbeda-Beda
Kita harus membedakan watak tiap-tiap tokoh. Misalnya, si A pemarah, si B penyabar, si C kecentilan, dan si D pintar. Jadi semua tokoh dapat kesempatan. Hehehe ... itu pengamatanku ya :)

3. Cerita Naskah Jangan Bercabang-Cabang/Banyak
Ini untuk novel lagi ya. Sebaiknya kalian konsisten dengan temanya. Misalnya novelnya bertema memasak. Memang ada cerita memasaknya, tapi bercampur-campur. Bukan es campur ya! Hehehe ... memang boleh sih campur-campur, tapi kalau konsisten kan lebih baik :)

4. Memakai tanda baca
Cerita yang baik juga perlu diberi Tanda baca. Misalnya saat percakapan. Si A menyapa si B.
"Hai! Apa kabar?" sapa si A.
"Hai juga! Kabarku baik!" jawab si B.
Tanda baca " menandakan sebuah percakapan atau perbincangan dalam cerita. Jika menanyakan sesuatu, kita bisa memakai tanda ?. Jika memerintahkan sesuatu atau berseru bisa memakai tanda !. Jika berhenti, kita bisa memakai tanda . Juga ada tanda baca lainnya. Seperti koma, (,), dan lain-lain.

5. Memungkinkan dan Jalan Cerita Nyambung
Hahaha ... usahakan cerita kalian nyambung dengan tema ya. Dan kadang-kadang cerita enggak memungkinkan. Misalnya dia diberi uang jajan di sekolah satu juta atau berapa juta. Itu kan enggak mungkin. Hehehe ... misalnya, anak pemulung punya mobil alphard, memungkinkan enggak? Enggak kan? Dan misalnya tema ceritanya tentang sihir,ujung-ujungnya malah yang enggak-enggak. Maksudnya "enggak-enggak" itu enggak nyambung gitu deh!

Hehehe, iktu 5 Tips menulis dariku. Kapan-kapan aku posting lagi ya ... Semoga bermanfaat Sobat NE!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar